Jumat, 27 Juni 2014

BAJU KURUNG MELAYU PEREMPUAN




MAKALAH
TRADISI MELAYU
PEMBAHASAN BAJU KURUNG MELAYU UNTUK PEREMPUAN


                                    Dosen Pembimbing : Tetty Kurmalasari,   M.Sc.
                                                            Oleh Kelompok 1
                                                            Nama : Eka Suciyati
                                                            NIM :  130388201072
                                                            Kelas : F2

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Maritim Raja Ali Haji
Tanjungpinang
2013—2014
Kata Pengantar

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT, penulis ucapkan karena telah diberikan kesehatan dan kesempatan untuk membuat tugas makalah tentang Baju Kurung Melayu Bagi Perempuan dalam pemenuhan tugas dari Ibu Tetty Kurmalasari selaku dosen pembimbing dalam Mata Kuliah Tradisi Melayu.
Makalah ini berisikan pembahasan tentang baju kurung melayu bagi kaum perempuan, perlengkapan dan makna dari tata cara pemakaiannya yang mungkin dapat dipelajari dan dipahami dalam kehidupan sehari-hari. Dalam penulisan makalah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para pembaca mengenai makna dan tata cara pemakaian baju kurung melayu.
Dalam penulisan makalah ini, penulis merasa masih jauh dari bentuk yang sempurna karena keterbatasan pengetahuan dan bahan yang terdapat pada penulis, maka dari itu penulis mengharapkan masukan, kritik dan saran dari para pembaca agar selanjutnya penulis akan mengoreksi kesalahan dan dapat melakukan yang terbaik.







                                                                                         Tanjungpinang,   mei 2014


                                                                                                            Penulis
Daftar isi

Kata Pengantar
Daftar isi
Bab 1  Pendahuluan
1.1       Latar Belakang         ....................................................................... 4
1.2       Rumusan Masalah    ....................................................................... 4
1.3       Tujuan Penulisan      ....................................................................... 4
Bab 2  Pembahasan             
2.1       Pengertian Baju Kurung ................................................................. 5
2.2       Baju Melayu Kebaya Labuh ........................................................... 5
2.5       Gambar Objek .................................................................................. 6
Bab 3  Penutup
3.1       Kesimpulan     ................................................................................... 7
3.2       Saran              .................................................................................... 7
Daftar Pustaka



Bab 1 Pendahuluan
1.1       Latar Belakang
            Baju kurung melayu sudah terkenal sejak zaman kerajaan terdahulu, pakaian yang terkenal dengan keindahannya ini sangat kental pengaruhnya didalam kehidupan manusia khususnya pada masyarakat melayu. Pakaian merupakan simbol budaya yang menandai perkembangan suatu budaya yang bersifat turun-temurun dan menunjukkan kekhasan suatu budaya tertentu. Selain itu baju kurung juga dapat dijadikan sebagai hasil pemikiran manusia yang mengungkapkan kepribadian yang dimiliki dalam suatu kehidupan masyarakat. Baju kurung melayu juga merupakan simbolis keagaaman bagi masyarakat melayu karena didesain dengan bentuk yang rapi, indah, dan menutup aurat, dan hal ini sesuai dengan ajaran agama islam.
1.2       Rumusan Masalah
            a.         Bagaimana bentuk dan jenis pakaian melayu ?
            b.         Apa saja aturan dalam pemakaian pakaian melayu     ?
            c.         Apa saja perlengkapan dalam pemakaian pakaian melayu      ?
1.3       Tujuan Penulisan
            Dalam penulisan makalah ini penulis mencoba memberikan pemahaman dan mencoba berbagi pengetahuan kepada para pembaca yang mungkin membutuhkan informasi yang lebih lanjut tentang baju kurung melayu untuk laki-laki. Semoga makalah ini bermanfaat untuk kita semua.






Bab 2 Pembahasan
2.1       Pengertian Baju Kurung
Baju kurung melayu berbeda dengan baju biasa karena baju kurung melayu dirancang dengan bentuk yang longgar pada bagian lengannya, perut, dan dada dan ketika dipakai baju kurung sejajar dengan pangkal paha. Baju kurung melayu biasanya dipakai pada acara kebesaran orang melayu.
Baju kurung melayu memiliki banyak manfaat diantaranya sebagai tanda pengenal bagi orang melayu. Baju kurung melayu ini dapat menggambarkan letak dan kedudukan seseorang didalam keseharian, jika mereka memakai baju kurung melayu sudah tentu mereka berasal dari daerah melayu dan berada dikomunitas kaum melayu. Baju kurung melayu juga dapat dijadikan sebagai lambang adat yang mana jika seseorang mengenakan baju kurung melayu sudah tentu mereka tau adat ataupun makna dan aturan pemakaiannya jadi memakai baju kurung melayu tidak dengan cara yang sembarangan. Dalam hal kehidupan baju kurung melayu juga dapat dijadikan contoh pakaian yang baik sebab sudah jelas menutup aurat dan terbuat dengan bentuk yang agak longgar hingga tidak memungkinkan terlihatnya lekuk tubuh seseorang seperti saat memakai baju biasa.
2.2       Baju Melayu Kebaya Labuh
Baju kurung ini terdiri dari kain, baju dan selendang. Panjang lengan baju kira-kira dua jari dari pergelangan tangan sehingga perhiasan seperti gelang yang dikenakan kaum perempuan dapat terlihat dan lebar baju kira-kira tiga jari dari permukaan lengan. Kedalaman bervariasi dari atas betis atau keatas sedikit. Perlengkapan yang berkaitan dengan sanggul atau siput terdiri dari 3 macam yaitu :
-          Siput tegang, biasanya digunakan untuk pengantin perempuan dan dikerjakan oleh mak andam.
-          Siput cekak, biasanya digunakan untuk sehari-hari.
-          Siput lintang, biasanya digunakan untuk perempuan yang berambut panjang dan lebat.
-          Tudung, biasanya perempuan melayu Kepulauan Riau menggunakan tudung manto. Tudung manto ini dipakai oleh Istri atau putri kerajaan melayu, sebagai lambang kehormatan bagi perempuan kebangsaan melayu.

Ketentuan adat pemakaian baju kurung melayu :
-          Aturan memakai rok, bagi yang belum menikah ( gadis )  aturan pemakaian belahan roknya disebelah kiri atau belahan kiri.
-          Aturan memakai rok, bagi yang sudah menikah ( ibu-ibu ) aturan pemakaian belahan roknya disebelah kanan atau belahan kanan.

2.3       Gambar Objek
Baju kurung Melayu Kebaya Labuh



Jenis Sanggul Melayu
 

Bab 3 Penutup
3.1       Kesimpulan
Pada dasarnya pakaian melayu identik dengan pribadi seseorang perempuan karena didesain dengan bentuk yang sesuai dengan kebutuhan keseharian yang menutup aurat dan menambah keanggunan dan kehormatan pemakainya ketika berada ditengah orang keramaian atau menghadiri hajatan dan acara-acara penting. Keberagaman dalam motifnya membuat baju melayu sangat diminati dalam dunia fashion sehingga baju melayu terus berkembang dan tak pernah lepas dari kehidupan manusia.
3.2       Saran
   Dengan telah dipaparkannya penjelasan tentang baju kurung, perlengkapan dan cara pemakaiannya, diharapkan agar para pembaca tidak sembarang dalam memakai baju kurung melayu yang pada dasarnya akan menambah kehormatan dan keunikan dari masyarakat melayu.







Daftar Pustaka
-         Aplikasi Multimedia pakaian melayu
-         Pakaian adat istiadat melayu, chika Anjar Sari, Lutfhi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar